Identitas

Identitas
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan Pendidikan Kevikepan Santo Thomas Rasul Panturuan-Samosir KAM
Sebagai lembaga pendidikan keagamaan, SMA Negeri Samosir juga memiliki kewajiban yang sama dengan sekolah keagamaan lainnya. SMA Negeri Samosir harus memenuhi kriteria, peraturan-peraturan, kebijakan-kebijakan dan program dari sistem pendidikan nasional yang sedang berlaku, yakni:
  1. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. PP No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan;
  3. Peraturan Menteri Agama No. 1 Tahun 2013 tentang Sekolah Menengah Agama Katolik yang menjadi landasan yuridis dari penyelenggaraan sekolah yang berada dibawah naungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama ini; dan
  4. SK Kemenag RI No. 689 Tahun 2018 Tentang Penegerian SMAK Negeri Samosir.
SMAK Negeri Samosir (sebelumnya bernama SMAK St. Thomas Rasul Samosir) dengan NPSN 69815374 beralamat  di Jl. Raya Tarabunga Tuktuk Onan, Tarabunga, Simbolon Purba, Palipi, Samosir, Sumatera Utara 22393 Tel/Fax: 0821-6879-6010 Email: [email protected] dan Website: www.smak-samosir.sch.id , sekitar 200 meter dari Jl. Raya Tarabunga atau 2,5 km dari Jl. Raya Simbolon Purba. 

Sekolah yang kini telah berstatus sekolah negeri ini menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar pada pagi hari dengan jenjang pendidikan: SMAg.K (Sekolah Menengah Agama Katolik) dan menyediakan 9 (tujuh) ruang kelas.

Keunikan SMAKN Samosir bukan pertama-tama terletak pada homogenitasnya, di mana semua tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan siswanya seratus persen Katolik. Lebih dari itu kekhasan sekolah ini terletak pada proses pembinaan siswa-siswinya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan, baik lewat kegiatan akademis di sekolah maupun kegiatan non-akademis di asrama. 

Maka siswa-siswi yang diterima di SMAKN Samosir hanyalah mereka yang telah sah dan terbukti lulus SMP, beragama Katolik, dan harus lulus Ujian Saringan Masuk (test tertulis, psikotest dan wawancara). 

Dari hasil test dan interview itu mereka yang lulus akan diarahkan untuk memilih tiga Peminatan/Jurusan yang tersedia di SMAK St. Thomas Rasul. Ketiga jurusan itu adalah jurusan Keagamaan Katolik, IPA/Matematika Sains, dan jurusan IPS/Ilmu Sosial.
OR