Competence, Conscience, Compassion dan Leader di SMAKN Samosir

Competence, Conscience, Compassion dan Leader di SMAKN Samosir
SMAK Negeri Samosir sebelumnya bernama SMAK St. Thomas Rasul Samosir diasuh oleh Yayasan Kevikepan St. Thomas Rasul Pangururan Keuskupan Agung Medan merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Keagamaan Katolik di Sumatera Utara.

Setelah dua kali menamatkan siswa-siswinya, SMAK Negeri Samosir semakin hari justru semakin dilirik oleh para orangtua Katolik yang ada di Sumut dan daerah lain di Indonesia yang menginginkan putera-puteri mereka mendapatkan pendidikan terbagi bagi putera-puterinya.

 Hal ini terlihat dari grafik pertumbuhan siswa-siswinya, berikut daerah asal mereka semakin beragam.  Kendati eksis dengan label Katolik-nya, sekolah berasrama ini justru tak abai pada aktivitas intelektualnya.

Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan akademis dan non akademisnya. Seluruh kegiatan akademis dan non-akademis di SMAK Negeri Samosir , pertama dan utama bertujuan untuk mewujudkan visi dan misinya, khususnya dalam meningkatkan potensi berikut ini:
  • Competence : melahirkan manusia unggul di bidang akademik, terbuka terhadap pengetahuan dan pengetahuan baru.
  • Conscience and Compassion: mencetak manusia-manusia pejuang keadilan bagi sesama yang berlandaskan hati nurani benar dan belarasa.
  • Leader: menciptakan kader-kader pemimpin yang berkepribadian, mandiri, optimal-utuhserta mampu menggerakkan perubahan.
OR